KJPP DI PAPUA: Analisis Penilaian Tanah Di Papua

KJPP Di PAPUA: Analisis Penilaian Tanah

KJPP DI PAPUA.  Penilaian properti memiliki karekterisitik unik tergantung kepada daerahnya masing-masing. Di beberapa daerah  konteks  hukum adat sangat mempengaruhi proses jual beli atau pemindah tanganan suatu properti, di bali ada istilah  Tanah Ayahan Desa (Tanah Milik Desa siapapun yang ingin menempati atau memilik tanah tersebut harus ikut bergabung sebagai warga desa tersebut), di Sumatrea Barat ada Tanah Ulayat (Tanah Milik Besama), begitu pula dengan di Irian Jaya.

Hukum adat yang mengikat prilaku masyarakat adat sudah bertahun-tahunjuga melekat pada hak-hak kepemilikan tidak terikat hanya pada undang-undang pokok agraria tetapi juga terkait kebiasaan masyarakat adat dalam mengelola aset berupa tanah tersebut.

Kepemilikan tanah di Bumi Cendrawasih tersebut pertama memang berlaku hukum negara dalam hal ini Undang-undang hukum kepemilikan hak atas tanah kemudian ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan hukum adat yang dikomandani oleh kepala-kepala suku memberikan pembebanan atas hak-hak tanah-tanah tersebut, apabila dilakukan pemindah-tanganan atau jaul beli tanah di Papua, maka masyarakat adat harus mendapatkan kontibusi sesuai dengan kesepakatan-kesepakatan adat maupuan kebiasaan yang sesuai dengan adat di daerah tesebut.

Kadang kala sering disampaikan bahwa membeli propeti di papua seperti membeli duakali, satu pembelian berdasarkan hukum positif, kedua pembelian sesuai dengan hukum adat sering kali transaksi bisa sampai berkali-kali bila mengenai hukum adat karena dalam posisi tertentu kepala suku bisa membebani pemilik atas properti tersebut apabila terjadi konsisi yang berbeda, misalnya hari ini kepala sukunya si A dan kemudian hari sukunya si B, sepeninggal kepala suku A ini tentunya sebagai kepala suku baru akan meminta kopensasi dari kepemilikan properti ini.

Karakterisitik inilah yang perlu diperhatikan apabila melakukan transaksi di papua.

Jasa Penilai KJPP Untuk Wilayah Papua

KJPP SDR sebagai salah satu Kantor Jasa Penilai Publik di indonesia menawarkan jasa penilaian aset di wilayah papua, Tim ahli SDR siap ditugaskan menilai aset di seluruh wilayah Papua dan Indonesia.

Kenapa aset harus dinilai?, jawabanya ada disini “APA ITU KJPP?”

Untuk Konsultasi mengenai penilaian aset di wilayah papua silahkan hubungi call center KJPP SDR via Whatsapp di tombol berikut:

Percayakan penilaian aset anda pada penilai berpengalaman dan terpercaya KJPP SDR. Kami Ada Karena Anda Percaya, dan Kepercayaan Anda adalah Bukti Integritas Kami

Untuk artikel selain mengenai KJPP DI PAPUA dapat di akses di halaman depan website kami klik disini atau mau lihat kami secara santai non formal via medsos saja di Facebook dapatakan “Kestimewaan”  dengan  melakukan pemesanan jasa via website ataupun media sosial kami untuk penilaian aset DI PAPUA ataupun DI SELURUH PENJURU INDONESIA.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!